Jerman: Penyedia lotere menjadi korban serangan dunia maya

Seorang peretas dengan tanda tanya di wajahnya duduk di depan laptop.

Untuk perusahaan lotre di Berlin, Schleswig-Holstein, Rhineland-Palatinate, Bremen dan Saxony-Anhalt, tahun lotre baru 2023 dimulai dengan kesulitan awal. Perusahaan lotre yang disebutkan semuanya telah menjadi korban serangan dunia maya sejak itu. Namun, para peretas tidak berhasil menangkap data pribadi. Kerusakan finansial juga terbatas.

Seorang peretas dengan tanda tanya di wajahnya duduk di depan laptop.

Overregulasi mendukung penawaran ilegal. ┬ęB_A/Pixabay

Apa yang terjadi di setiap negara bagian

Menurut laporan surat kabar dari majalah lokal, serangan hacker di Lotto Bremen terjadi pada Malam Tahun Baru. Namun, konsekuensi keuangan dikatakan tetap dapat dikelola. Data pribadi pengguna juga tidak hilang. Namun, antara 20 dan 50 akun pelanggan dikatakan telah terpengaruh. Kemungkinan besar, siapa pun yang bertanggung jawab atas serangan dunia maya sebelumnya telah membeli data akses secara online untuk kemudian mencoba peruntungan di platform lotere. Jadi itu berjalan lancar.

Lotto Sachsen-Anhalt memblokir situs webnya sendiri

Perusahaan lotere Saxony-Anhalt telah memberikan izin. Penyerang tidak dapat menangkap data pribadi apa pun. Tetapi seperti di Bremen, pengguna sekarang diminta untuk mengubah kata sandi mereka dan tidak menggunakannya lebih dari satu kali. Menurut MDR, sekitar 880 pelanggan di negara bagian tersebut terpengaruh. Karena terlalu banyak upaya login otomatis yang mencolok, Lotto Sachsen-Anhalt untuk sementara memblokir portalnya sendiri untuk memastikan keamanan pemain dan data mereka.

Lotto Berlin juga menjadikan situs webnya offline

Untuk melindungi para pemain dan data mereka, Lotto Berlin juga membuat situs webnya sendiri offline. Latar belakang di sini juga banyak upaya akses yang mencolok, terutama pada Malam Tahun Baru dan Malam Tahun Baru, tetapi ini sudah dimulai pada liburan Natal. Namun, pada awal pekan di hari Senin, situs tersebut sudah tersedia kembali seperti biasa. Tidak ada laporan data pribadi yang dicuri di sini juga. Sekarang perusahaan lotere sedang sibuk memproses insiden tersebut.

Situs web tidak pernah ditutup sebelumnya

Di Rhineland-Palatinate, juga, situs web perusahaan lotere negara harus ditutup untuk alasan keamanan karena banyak upaya akses tidak sah yang mencolok telah terdeteksi sejak Natal. Platform tidak pernah harus diblokir sementara sebelumnya. Serangan malam itu sendiri mungkin datang dari luar negeri, setidaknya itulah yang dilaporkan SWR. Sepintas, sepertinya data pelanggan tidak bisa bocor, karena tidak ada indikasi konkret. Namun demikian, ini sekarang akan dianalisis secara menyeluruh.

Paralel muncul

Ada kesamaan besar antara serangan dunia maya terhadap perusahaan lotre di negara bagian federal. Kemungkinan penyerang yang sama ada di belakang mereka semua, meskipun tidak diverifikasi. Proses serupa juga dilaporkan oleh juru bicara Lotto Brandenburg, di mana tawaran tip dimatikan di Internet, dan Lotto Schleswig-Holstein, di mana itu juga tentang periode antara Natal dan Malam Tahun Baru. Untungnya kali ini berjalan lancar, baik secara finansial untuk penyedia maupun dalam hal data pelanggan.

Apa yang dilakukan perusahaan lotre sekarang

Lotto Brandenburg memberi tahu sekitar 50.000 pelanggan Internetnya tentang serangan dunia maya, sementara perusahaan lotere lainnya meminta mereka untuk mengubah kata sandi dan menggunakan kata sandi aman yang tidak digunakan lebih dari sekali. Lotto Bremen juga mengumumkan akan memperkenalkan permintaan keamanan tambahan untuk mempersulit penyerang mendapatkan akses tidak sah ke akun pengguna. Serangan seperti ini mungkin akan meningkat di masa mendatang, jadi ini bukan yang terakhir dari jenisnya. Operator akan melakukannya dengan baik untuk mengambil tindakan pencegahan.

Pemrosesan didahulukan

Untuk semua perusahaan lotere yang terkena dampak serangan dunia maya, memproses apa yang terjadi mungkin menjadi prioritas utama. Tahun lalu, pakar Inggris mengonfirmasi bahwa kejahatan dunia maya memiliki potensi yang menghancurkan, meskipun industri game sejauh ini sebagian besar terhindar. Serangan dunia maya seperti yang dilakukan peretas terpidana yang menargetkan Lotere Nasional tetap luar biasa. Yang dipertaruhkan bukan hanya data pengguna tetapi juga keseriusan Anda sendiri dan kepercayaan pelanggan Anda, yang tidak dapat dilakukan oleh penyedia dalam keadaan apa pun.

Author: Kevin Hughes